7 Aliran Modifikasi Mobil Yang Patut Jadi Refensi Modikasi

Perkembangan dunia otomotif khususnya roda empat semakin ramai di indonesia. Untuk mengikuti perkembangan ini, pabrikan juga berlomba-lomba membuat mobil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tetapi tetap saja beberapa konsumen masih merasa belum cukup. Pasalnya, mobil tersebut belum menjadi identitas pemiliknya.

Mungkin banyak para pendatang baru pecinta modifikasi suka bingung ingin memodifikasi mobilnya dengan gaya apa, berikut beberapa referensi dari beberapa negara yang mungkin cocok dengan selera kamu.

1. HELLAFLUSH 
    Aliran modifikasi ini berasal dari Amerika dan lumayan banyak ditemui di Indonesia. Mobil yang bergaya helaflush memiliki dimensi velg yang lebar dan menggunakan ban yang lebih besar dari standarnya, atau biasa disebut velg offset. 

Setelah itu, ban depan dan belakang biasanya dipasang agak miring dari standarnya serta ground clearance dibuat rendah alias ceper.

2. HOTROD 
    Beda dengan hellaflush, aliran ini cenderung menggunakan mobil-mobil klasik. Biasanya, hotrod memamerkan bagian mesin big block-nya dan menggunakan velg berwarna chrome. 

Setelah itu, menggunakan ban yang berukuran agak besar dan dibuat keluar dari body.

3. RATROD 
    Bentuknya tidak jauh berbeda dengan hotrod, tetapi karakter ratrod lebih seperti mobil usang yang tidak terurus dan body berkarat.  

Biasanya, aliran ini juga menggunakan mobil-mobil tua, seperti mobil klasik tahun 50 sampai 70-an. 

4. STREET RACING
    Konsep ini sudah cukup lama beredar dan masih tetap disukai oleh modifikator. Biasanya, street racing memiliki tampilan body yang agresif, interior bergaya ala mobil balap, dan mesin juga di beri sedikit ubahan untuk meningkatkan performa.

Kebanyakan aliran ini diaplikasikan pada mobil sedan, walaupun sekarang ini sudah banyak mobil tipe lain yang mengadopsinya, seperti city car atau hatchback.

5. JAPANESE DOMESTIC MARKET
    Sesuai namanya, aliran modifikasi ini hanya menggunakan komponen-komponen asli yang berasal dari Jepang. Lalu, biasanya body ditempel vinyl untuk membuat mobil terlihat lebih berwarna.

JDM lumayan banyak di temukan di jalan karena konsep modifikasi ini lumayan banyak digandrungi oleh modifikator sekarang ini.

6. RETRO
    Untuk para pecinta vintage, aliran retro mungkin bisa jadi referensi.

Biasanya, konsep ini mengutamakan keorisinilan setiap parts, interior maupun eksterior. Tetapi, walaupun terlihat sederhana, biaya yang di keluarkan tidak sedikit karena parts dari mobil-mobil klasik sangat langka di pasaran, sekalipun ada pasti harganya cukup mahal.

7. VIP
    Modifikasi ala VIP agak berbeda, terlihat dari jenis mobil yang dimodifikasi, yaitu mobil yang memang tergolong berkelas seperti BMW atau Toyota Alphard. Bagian interior yang sudah mewah jadi lebih mewah karena biasanya ditambah minibar, jok kulit, televisi berukuran besar, dan lain-lain yang mengutamakan kenyamanan.

Untuk bagian eksterior, velg yang digunakan biasanya berukuran besar dan berwarna elegan.

Source: instagram/autoverso.media

Comments