Mesin Yang Terlupakan "Rotary Engine"

Salah satu komponen utama yang menjadi sebuah 'jiwa' dari sebuah mobil adalah mesin. Dalam perkembangan dunia mobil, mesin merupakan bagian yang selalu menjadi fokus untuk terus dikembangkan tanpa henti demi mencapai performa maksimal. Bahkan, para pabrikan mobil seringkali berkompetisi dengan pabrikan lainnya secara sengit dalam menciptakan mesin.

Bicara tentang mesin, ada satu jenis yang luput dari perhatian massal karena jarangnya penerapan mesin tersebut di mobil kebanyakan. Salah satu pabrikan yang pernah aktif dalam menggunakannya pada mobil-mobil buatan mereka adalah mazda. Mesin apakah itu? Yak, jawabannya adalah mesin rotary.

Mesin rotary yang juga dikenal dengan nama mesin Wankel ini sempat populer sebagai alternatif dari mesin piston tradisional. Berbeds dari mesin piston yang bekerja dengan gerakan naik turun, mesin rotary bekerja dengan gerakan berputar yang mekanismenya jauh berbeda dengan mesin piston. Piston pada mesin rotary berbentuk segitiga dan merangkap sebagai ruang bakar. Dari gerakan berputar tersebutlah nama 'Rotary' didapat, dan sistem tersebut tersebut menyumbang andil kepada ringannya berat dan kecilnya dimensi mesin. Dengan kapasitas yang sama dengan mesin piston, mesin rotary dapat menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar dengan karakteristik kuat pada putaran atas tanpa perlu bantuan turbocharge ataupun supercharger dan hal tersebut adalah nilai plus utama dari mesin ini.

Mobil yang menggunakan mesin rotary adalah Mazda RX-8. Sports car legendaris yang diproduksi dari 2003 hingga 2012 tersebut menggunakan mesin RENESIS 13B-MSP yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 191 hp untuk versi standar dan 238 hp untuk versi high power.

Tenaga sebesar itu dapat dihasilkan hanya dengan kapasitas mesin sebesar 1.308 cc tanpa doping apapun alias Naturally Aspirated (N/A). Figur yang sangat impresif bukan ?




Source: instagram/autoverso.media

Comments