Mengenal Evolusi Mitsubishi Lancer Evolution.


Diperkenalkan pada tahun 1992, Mitsubishi Lancer Evolution menjadi mobil yang melegenda baik di atas tanah maupun aspal. Namun kesuksesan tersebut tidak terlepas dari mesin 4G63 yang diadopsi dari mobil Galant VR-4.

Berikut adalah sejarah perkembangan dari Mitsubishi Lancer Evolution.

1992 EVOLUTION 1CD9A
Evolution 1 di perkenalkan pada 1992 untuk berkompetisi pada ajang reli dunia (WRC). Menggunakan mesin 2000cc Turbocharger DOHC dan penggerak 4WD dari Galant VR-4 pada sasis Lancer.

1993 EVOLUTION 2 CE9A
Evolution 2 lahir sebagai versi yang lebih baik dari segi handling dan performa. Wheelbase dari Evolution 2 lebih panjang 10mm. Tekanan dorongan (boost pressure) yang dinaikan dan ubahan lain membuat tenaga dari mesin berkode 4G63 naik menjadi 256 bhp, sedangkan torsi tetap pada 228 lb-ft.

1995 EVOLUTION 3 CE9A
Memperbaiki performa pendinginan dan aerodinamika menjadi prioritas pada produksi generasi Evolution 3. Sayap belakang lebih besar, bumper depan dengan ventilasi pendingin rem, dan tenaga mesin mobil kembali dinaikkan. Penampilan dari Evolution 3 terlihat lebih serius dengan side skirt baru dan sayap belakang yang dibuat semakin besar untuk menambah downforce. Pada mesinnya, disematkan turbo TDO5-16G6-7, perbaikan sistem exhaust dan kompresi yang dinaikkan menambahkan 10 bhp pada mesin.

1996 EVOLUTION 4 CN9A
Evolution 4 mengalahkan banyak perubahan terutama pada lekuk bodi, menggunakan sasis CN9A, Mesin dan transaxle juga mengalami perputaran 180° untuk mengimbangi beban dan menghilangkan torque steer. Terdapat 2 versi yaitu RS dan GSR. RS diproduksi sebagai mobil kompetisi dengan gardan LSD di belakang, dilengkapi dengan kursi dari tipe GLX dan velg 16 inci. Tipe RS juga tidak menggunakan power window, tidak ada AC, dan beberapa palang dibalik grill depan dan bagasi untuk memperkuat sasis.

1997 EVOLUTION 5 CP9A
Mitsubishi memperkenalkan Evolution 5 pada Januari 1998. Perubahan kali ini adalah pada sektor interior yang telah di upgrade dengan kursi recaro terbaru, bodi kit dengan desain baru, spoiler berbahan alumunium yang lebih ringan dan kuat, sisi kiri dan kanan (vehicle track) yang diperlebar 10mm, offset velg yang diganti menjadi ET38 dan ukuran ring besar untuk mengakomodir rem Brembo. Perubahan yang lumayan banyak di sektor mesin seperti piston yang di desain ulang, ukuran injektor lebih besar, dan upgrade ECU.

1999 EVOLUTION 6 CP9A
Perubahan pada Evolution 6 banyak terfokus pada sistem pendingin dan ketahanan mesin. Memiliki intercooler yang lebih besar, pendingin oli yang lebih besar, dan piston set baru juga velg yang terbuat dari titanium-alumunide untuk tipe RS yang mana menjadi yang pertama disematkan pada mobil produksi masal. Tentunya, perubahan pada Evolution 6 tidak terlepas dari perubahan visual yaitu pada bodywork. Perubahan bentuk bumper yang sangat terlihat, lampu kabut pada bumper depan yang menjadi lebih kecil dan berpindah ke sudut ujung bumper depan untuk membuat aliran udara yang lebih baik.

2001 EVOLUTION 7 CT9A
Evolution 7 berbasis pada sasis Lancer Cedia yang lebih besar, penambahan torsi menjadi 284 ft•lbf (385 N•m) , juga sedikit ubahan dimesin yang memperlancar aliran udara namun tenaga tidak berubah. Upgrade pada LSD dan penambahan Active Center Differential menjadikannya kompetitif dari saingan-saingannya yang lebih mahal.

2003 EVOLUTION 8
Pada tahun 2003, Lancer berganti model menjadi Evolution 8. Dilengkapi dengan pilihan fitur baru 6 percepatan dan suspensi Billstein untuk handling maksimal. Pengurangan beban menjadi lebih maksimal dengan atap alumunium, BBS alloy wheel, juga kursi Recaro. Evolution 8 menjadi mobil pertama untuk masuk ke pasar mobil Amerika.

2006 EVOLUTION 9
Mitsubishi mengenalkan Evolution 9 pada 2005 New York Auto Show. Mesin 4G63T 2000cc sudah memakai teknologi MIVEC. Melontarkan tenaga sebesar 286 hp dan torsi 289 ft•lb. Bagaimanapun, angka sebenarnya cenderung lebih tinggi. Sedangkan, Evolution 8 pertama kali ditawarkan pada 2003 dan menghasilkan 225whp pada saat dyno Evolution 9 mengeluarkan 255whp pada saat dyno. Mempunyai beberapa tipe, RS, GSR, MR, dengan beberapa perbedaan pada performa. RS menjadi mobil paling apa adanya, 0-100 dicapai hanya dalam 4.4 detik. Sementara GSR dan MR, adalah versi yang lebih jinak, mempunyai power window, sayap belakang dan lampu xenon.

2007 EVOLUTION 10
Evolution 10 dapat dibilang menjadi generasi terakhir dari keluarga Lancer Evolution. Diperkenalkan pada 2005 sebagai Concept-X, mobil ini memiliki dengan desain yang sangat berbeda. Mengusung mesin 4B11T 1998cc Turbocharged bertenaga 280hp dan diluncurkan pada tahun 2007 di Jepang, 2008 di Amerika dan UK. Teknologi pada mobil ini sudah jauh lebih canggih dari generasi sebelumnya, adapun transmisi TC-SST, sistem 4WD S-AWC dam masih banyak fitur canggih lainnya.






Source: instagram/autoverso.media

Comments